Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Suasana kelas yang nyaman akan membuat siswa betah dalam proses pembelajaran. Suasana yang menyenangkan bisa di mulai dari hal terkecil misalnya ruang kelas harus bersih, sebab jika ruang kelas kotor dan banyak debu membuat siswa malas untuk mengikuti pelajaran. Suasana belajar yang menyenangkan juga akan mempengaruhi nilai para siswa. Karena mereka akan bersemangat untuk memperhatikan guru. Menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak mudah banyak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan demi terwujudnya suasana yang menyenangkan bagi semua.

Sebagai seorang guru harus bisa kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal terpenting dalam proses pembelajaran yaitu memiliki suasana belajar yang menyenangkan. Dalam menciptakan suasana yang nyaman harus dilakukan kerjasama baik dari guru maupun siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru sebagai panutan siswa, jadi kalau mengajar jangan menjadi beban untuk siswa dan jangan membuat siswa takut sehingga akan menjadikan siswa tertekan. Tetapi kebanyakan guru saat menerangkan materi, siswa asyik berbicara dengan temannya bahkan ada yang main sendiri. Hal tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar dan dapat merugikan baik dari segi guru maupun siswa-nya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi gagalnya proses belajar mengajar yang sering terjadi, antara lain :Pembelajaran yang monoton

  • Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru
  • Suasana belajar yang membuat bosan siswa
  • Guru kurang menguasai materi
Baca Juga  Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia di Dunia

Begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan gagalnya proses pembelajaran, oleh karena itu sebagai guru harus sebisa mungkin mampu membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Tidak semua guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan apalgi bagi guru pemula. Menjadi seorang guru harus selalu terus belajar, jangan karena sudah menjadi guru langsung berhenti belajar. Baik guru yang sudah lama maupun yang masih baru sangat penting belajar apalagi belajar untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan. Siswa akan memiliki motivasi yang lebih tinggi, jika guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan terlebih lagi jika proses tersebut disukai siswa. Nah, berikut ini akan memberikan tips untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Menggunakan model pembelajaran.

Sebelum mulai mengajar, persiapkan diri dan pikir terlebih dahulu model pembelajaran apa yang akan digunakan. Model pembelajaran akan membuat siswa lebih aktif mengikuti pelajaran karena anda bisa membuat siswa menjadi kelompok. Dengan berkelompok juga dapat melatih siswa untuk bekerjasama dengan temannya.

Menggunakan media pembelajaran.

Usahakan setiap pelajaran kadang kala menggunakan media pembelajaran. Keunggulan menggunakan media pembelajaran yaitu siswa akan lebih paham terhadap materi. Dengan menggunakan media pembelajaran juga bisa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Buatlah siswa tersenyum.

Membuat siswa bisa tersenyum merupakan salah satu yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Seorang guru bisa membuat humor di depan kelas agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Saat memberikan materi, seorang guru bisa menyelipkan hal-hal lucu agar siswa bisa tersenyum. Tetapi jangan terlalu sering humor di depan siswa, hal tersebut akan menganggu proses pembelajaran.

Baca Juga  Cara Tepat Menggunakan dan Merawat Mikroskop

Mengajak siswa belajar di luar kelas.

Sesekali boleh mengajak siswa belajar di kelas, misalnya pada saat pelajaran IPA tentang mengamati tumbuhan, siswa bisa diajak untuk ke halaman sekolah agar mengamati pohon secara langsung. Boleh juga mengajak ke perpustakaan. Dengan sesekali mengajak siswa belajar di luar kelas, maka siswa akan lebih senang sehingga terciptalah suasana belajar yang menyenangkan.

Basa-basi yang positif dengan siswa.

Sebelum menyampaikan materi, alangkah baiknya jika seorang guru melakukan basa-basi dengan siswa terlebih dahulu, tetapi harus yang positif. Basa-basi bisa berupa candaan atau sebagainya. Hal tersebut dilakukan agar siswa tidak merasa tegang dan takut saat menerima pelajaran.

Menjadi guru yang tidak kaku.

Janganlah menjadi guru yang kaku, sebab akan menjadikan mental siswa tertekan sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan lancar. Jadilah guru yang lembut dan sayang pada siswanya, tetapi sesekali boleh bersikap tegas dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Dengan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan akan membuat siswa bersemangat untuk berangkat sekolah dan mau mengikuti pelajaran dengan baik.

Mungkin Anda Menyukai

error: Content is protected !!